Contoh RPP Kelas 9 Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

Satuan Pendidikan   : SMP Muhammadiyah 2 Baturetno

Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris

Kelas/ Semester        : IX/ 2

Tema dan Topik       : Kegiatan, kejadian atau tindakan yang belum dan sudah dilakukan dalam lingkungan sekolah, rumah atau sekitar.

Alokasi Waktu          : 2 x 40 menit (1 kali pertemuan)

 

  1. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

  1. Kompetensi Dasar
No Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. 1.1.1.      Peserta didik dapat bersyukur dapat belajar bahasa inggris dengan menunjukkan sikap bersemangat dan antusias.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerja sama dan cinta damai dalam melaksanakan komunikasi fungsional. 2.3.1        Peserta didik menunjukkan perilaku peduli dan kerjasama dalam kegiatan berkelompok dalam menyusun makna dalam sebuah lagu.

2.3.2        Peserta didik tidak saling bertengkar.

2.3.3        Peserta didik melakukan kegiatan indvidu dengan baik.

2.3.4        Peserta didik dapat bergaul dengan siapa saja tanpa membeda-bedakan.

3.9 Menerapkan struktur teks dan unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang SUDAH/Telah dilakukan/terjadi di waktu lampau tanpa penyebuatan waktu terjadinya secara sepesifik, sesuai dengan konteks penggunaannya. 3.15.1    Peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi sosial dan unsur kabahasaan menyatakan dan menanyakan tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah terjadi di waktu lampau.

 

4.10 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang sudah/telah dilakukan /terjadi diwaktu lampau tanpa penyebutan waktu terjadinya secara spesifik dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. 4.10.1 Peserta didik dapat menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegitan/kejadian yang sudah/telah dilakukan.

 

  1. Materi Pembelajaran
  2. Materi Pokok : Present perfect tense, kegiatan/kejadian ang telah dilakukan /terjadi di waktu terjadinya secara spesifik, kegiatan yang terjadi berulang-ulang diwaktu lampu, kegiatan yang belum dilakukan
  3. Fungsi sosial : menyatakan suatu tindakan/kejadian yang telah/belum terjadi yang memiliki maksud antara lain, melaporkan, menceritakan dan menjelaskan tentang sesuatu.
  4. Struktur teks : suatu tindakan/kegiatan yang telah terjadi dikaitkan dengan saat ini waktu kalimat diucapkan dinyatakan dalam bentuk present perfect tense, HAVE + past participle (V3).
  5. Unsur kebahasaan : kata kerja bantu have dan kata kerja ke 3 (past participle), kata penunjuk jangka waktu, ungkapan pertanyaan (have you ben to an orphan home?), perbandingan dengan Simple Past Tense, ucapan, tekanan kata dan intonasi, ejaan dan tanda baca, tulisan tangan.

 

  1. Langkah Pembelajaran
  2. Kegiatan Pembukaan (10 menit)
  3. Guru memberikan salam kepada peserta didik.
  4. Guru melakukan apersepsi
  5. Guru memberikan motivasi kepada peserta didik sehingga mereka dengan semangat mengikuti proses pembelajaran.
  6. Guru menyiapkan fisik dan mental peserta didik.
  7. Guru memberikan review materi yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya, kemudian menanyakan kesulitan yang dialami peserta didik.
  8. Guru memberikan umpan balik.
  9. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan penilaian untuk pertemuan hari ini.
  10. Kegiatan Inti (60 menit)
  11. Mengamati & Menanya (Observing & Questioning)
  12. Peserta didik mengamati gambar yang ada dibuku paket halaman 145.
  13. Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan gambar tersebut.
  14. Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan berdasarkan gambar tersebut.
  15. Peserta didik menyimak dialog yang berkaitan dengan ulang tahun dayu.
  16. Peserta didik menyalin dialog yang ada dibuku paket ke dalam buku catatan masing masing.
  17. Peserta didik secara berkelompok memaknai setiap kata yang ada dalam percakapan tersebut.
  18. Mengumpulkan informasi (Collecting Information)
  19. Peserta didik mengisi teks rumpang dalam buku paket halaman 153. Peserta didik mengerjakan secara berkelompok dengan temannya.
  20. Peserta didik dengan bebas dapat membuat sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan tema. (have/has/verb -3)
  21. Peserta didik secara berkelompok dengan arahan guru membuat sebuah dialog singkat dan sederhana yang sudah memuat pertanyaan dan jawaban yang berkaitan dengan present perfect.
  22. Mengkomunikasikan (Communicating)
  23. Peserta didik menyajikan hasil diskusi di depan peserta didik lain. Sedangkan peserta didik yang lain memperhatikan dan memberikan umpan balik.
  24. Guru menciptakan kondisi ideal agar apresiasi siswa lain yang tidak mendapat giliran menyajikan hasil kelompoknya baik.
  25. Kegiatan Penutup (10 menit)
  26. Guru memberikan kesimpulan kegiatan pembelajaran hari ini.
  27. Guru menanyakan kesulitan yang dialami siswa dalam kegiatan pembelajarailn.
  28. Guru memberikan kegiatan yang akan dilaksanakan pada pertemuan mendatang.
  29. Guru memberikan salam penutup.

 

  1. Penilaian

 

  1. Sikap spiritual
  1. Teknik Penilaian        : Tertulis
  2. Instrumen                   : Self-Assessment
  3. Kisi-kisi                       :
No. Indikator Instrumen
1 a.    Mengikuti kegiatan pembelajaran dengan gembira.

b.    Antusias dalam mengerjakan aktivitas di kelas.

c.    Berpartisipasi aktif dalam kegiatan kegiatan di kelas

Lampiran 1: Penilaian Sikap Spiritual

 

  1. Instrumen: Lihat Lampiran 1
  2. Rubrik:
  • Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.
  • Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan.
  • Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.
  • Skor 1 apabila jarang-jarang melakukan perilaku yang dinyatakan.
  1. Pedoman Penilaian:
  1. Konversi Skor dan Predikat Hasil Belajar Untuk Setiap Ranah
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
SKOR MODUS PREDIKAT SKOR RERATA PREDIKAT SKOR OPTIMUM PREDI

KAT

4,00 SB

(Sangat Baik)

3,83 >x ≥ 4,00 A 3,83 >x ≥ 4,00 A
3,50 >x ≥ 3,83 A- 3,50 >x ≥ 3,83 A-
3,00 B

(Baik)

3,17 >x ≥ 3,50 B+ 3,17 >x ≥ 3,50 B+
2,83 >x ≥ 3,17 B 2,83 >x ≥ 3,17 B
2,50 >x ≥ 2,83 B- 2,50 >x ≥ 2,83 B-
2,00 C

(Cukup)

2,17 >x ≥ 2,50 C+ 2,17 >x ≥ 2,50 C+

 

  1. Sikap sosial
  1. Teknik Penilaian : Observasi
  2. Instrumen : Lembar Observasi
  3. Kisi-kisi :
No. Indikator Instrumen
1 a.   Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.

b.   Melaksanakan tugas individu dengan baik

c.   Menyukai kebersamaan.

d.   Bergaul tanpa membeda-bedakan kepentingan, agama,atau yanglainnya.

e.   Tidak suka bertengkar.

Lampiran 2: Penilaian Sikap Sosial

 

  1. Instrumen : Lihat Lampiran 2
  1. Rubrik:

Skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.

Skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan.

Skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.

Skor 1 apabila jarang-jarang melakukan perilaku yang dinyatakan.

  1. Pedoman Penilaian:
  2. Konversi Skor dan Predikat Hasil Belajar untuk Ranah Sikap
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
SKOR MODUS PREDIKAT SKOR RERATA PREDIKAT SKOR OPTIMUM PREDI

KAT

4,00 SB

(Sangat Baik)

3,83 >x ≥ 4,00 A 3,83 >x ≥ 4,00 A
3,50 >x ≥ 3,83 A- 3,50 >x ≥ 3,83 A-
3,00 B

(Baik)

3,17 >x ≥ 3,50 B+ 3,17 >x ≥ 3,50 B+
2,83 >x ≥ 3,17 B 2,83 >x ≥ 3,17 B
2,50 >x ≥ 2,83 B- 2,50 >x ≥ 2,83 B-
2,00 C

(Cukup)

2,17 >x ≥ 2,50 C+ 2,17 >x ≥ 2,50 C+

 

  1. Pengetahuan
  1. Teknik Penilaian        : Tes Tertulis
  2. Bentuk Instrumen      : Essay (menulis pertanyaan dan menyatakan kejadian/tindakan yang sudah terjadi pada waktu lampau)
  3. Kisi-kisi                       :

 

No. Indikator Soal Instrumen
  1.

 

 

 

1.    Diberikan contoh penggunaan have/has kemudiaan peserta didik menyusun teks berkelompok.

 

Lampiran 3: Penilaian pengetahuan

 

  1. Instrumen                   : Lampiran 3
  1. Rubrik Penilaian :
No. Aspek yang dinilai Kriteria Skor
A

1

Membaca Teks

Lafal

   
Hampir sempurna 5
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna 4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna 3
Banyak kesalahan dan mengganggu makna 2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna 1
 

2

 

Tekanan kata

Sempurna 5
Hampir sempurna 4
Ada beberapa kesalahan 3
Banyak kesalahan 2
Terlalu banyak kesalahan 1
 

3

 

Intonasi

Hampir sempurna 5
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna 4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna 3
Banyak kesalahan dan mengganggu makna 2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna 1
4 Kelancaran Sangat lancer 5
Lancar 4
Cukup lancer 3
Kurang lancer 2
Tidak lancer 1
B Membuat

Kalimat

   
1 Kalimat 1 Sempurna 3
Cukup sempurna 2
Kurang sempurna 1
2 Kalimat 2 Sempurna 3
Cukup sempurna 2
Kurang sempurna 1
3 Kalimat 3 Sempurna 3
Cukup sempurna 2
Kurang sempurna 1
Jumlah skor maksimal 29

 

  1. Pedoman Penilaian:

 

  1. Konversi Skordan Predikat Hasil Belajar Untuk Ranah Pengetahuan.
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
SKOR MODUS PREDIKAT SKOR RERATA PREDIKAT SKOR OPTIMUM PREDI

KAT

4,00 SB

(Sangat Baik)

3,83 >x ≥ 4,00 A 3,83 >x ≥ 4,00 A
3,50 >x ≥ 3,83 A- 3,50 >x ≥ 3,83 A-
3,00 B

(Baik)

3,17 >x ≥ 3,50 B+ 3,17 >x ≥ 3,50 B+
2,83 >x ≥ 3,17 B 2,83 >x ≥ 3,17 B
2,50 >x ≥ 2,83 B- 2,50 >x ≥ 2,83 B-
2,00 C

(Cukup)

2,17 >x ≥ 2,50 C+ 2,17 >x ≥ 2,50 C+

 

 

  1. Keterampilan
  1. Teknik Penilaian        : Unjuk kerja dan Tugas tertulis
  2. Bentuk Instrumen      : Keterampilan menulis
  3. Kisi-kisi                       :
No. Indikator Soal Instrumen
  1.

 

 

 

Peserta didik dapat membuat sebuah dialog sederhana ang berisi kejadian/tindakan yang telah dilakukan. Lampiran4: Penilaian keterampilan

 

  1. Instrumen                   : Lampiran 4

 

  1. Rubrik Penilaian        :

 

A, Menulis teks

No. Aspek yang dinilai Kriteria Skor
1 Keaslian Penulisan Sangat original 5
Original 4
Cukup original 3
Kurang original 2
Tidak original 1
2 Keruntutan teks Struktur teks yang digunakan sangat runtut 5
Struktur teks yang digunakan runtut 4
Struktur teks yang digunakan cukup runtut 3
Struktur teks yang digunakan kurang runtut 2
Struktur teks yang digunakan tidak runtut 1
3 Pilihan kosakata Sangat variatif dan tepat 5
Variatif dan tepat 4
Cukup variatif dan tepat 3
Kurang variatif dan tepat 2
Tidak variatif dan tepat 1
4 Pilihan tata bahasa Pilihan tata bahasa sangat tepat 5
Pilihan tata bahasa tepat 4
Pilihan tata bahasa cukup tepat 3
Pilihan tata bahasa kurang tepat 2
Pilihan tata bahasa tidak tepat 1
Jumlah Skor Maksimal 20

 

  1. Presentasi/Monolog
No Aspek yang dinilai Baik Kurang Baik
1 Organisasi presentasi (pengantar, isi, kesimpulan)    
2 Isi presentasi (Kedalaman logika)    
3 Kemahiran berbahasa (ucapan, tatabahasa, kosakata)    
4 Penyajian (tatapan, ekspresi wajah, bahasa tubuh)    
Skor maksimal 8
Keterangan:

Baik mendapat skor 2

Kurang baik mendapat skor 1

 

 

Skor maksimal penilaian pengetahuan: A + B = 28

 

  1. Pedoman Penilaian:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Konversi Skor dan Predikat Hasil Belajar Untuk Ranah Keterampilan.
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
SKOR MODUS PREDIKAT SKOR RERATA PREDIKAT SKOR OPTIMUM PREDI

KAT

4,00 SB

(Sangat Baik)

3,83 >x ≥ 4,00 A 3,83 >x ≥ 4,00 A
3,50 >x ≥ 3,83 A- 3,50 >x ≥ 3,83 A-
3,00 B

(Baik)

3,17 >x ≥ 3,50 B+ 3,17 >x ≥ 3,50 B+
2,83 >x ≥ 3,17 B 2,83 >x ≥ 3,17 B
2,50 >x ≥ 2,83 B- 2,50 >x ≥ 2,83 B-
2,00 C

(Cukup)

2,17 >x ≥ 2,50 C+ 2,17 >x ≥ 2,50 C+

 

 

 

  1. Sumber, Media, Alat dan Bahan
  2. Sumber belajar : Buku Paket Think Globally Act Locally.
  3. Media : Verb List,

 

 

 

 

Baturetno, 20 Januari 2016

Mengetahui

Kepala SMP Muh. 2 Baturetno                                             Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

xxxx., S.Pd., M. Si.                                   xxxxx, S.Pd

 

 

 

 

 

 

Lampiran

 

LAMPIRAN 1

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

(LEMBAR PENILAIAN DIRI)

  1. Petunjuk Pengisian

Berdasarkan perilaku kalian selama dua pertemuan terakhir, nilailah sikap diri kalian sendiri dengan memberi tanda centang (√) pada kolom skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut:

skor 4 apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan.

skor 3 apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan.

skor 2 apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan.

skor 1apabila jarang-jarang melakukan perilaku yang dinyatakan.

  1. Lembar Penilaian Diri

LEMBAR PENILAIAN DIRI

Nama Peserta didik : …

Kelas/Semester :…

Hari/Tanggal Pengisian :…

Tahun Pelajaran : …

Butir Nilai : Bersyukur

Indikator Sikap :

  1. mengikuti kegiatan pembelajaran dengan gembira;
  2. antusias dalam mengerjakan aktivitas di kelas;
  3. berpartisipasi aktif dalam kegiatan kegiatan di kelas;
No. Pernyataan Skor
    4 3 2 1
1 Saya mengikuti kegiatan pembelajaran dengan gembira.        
2 Saya antusias dalam mengerjakan aktivitas di kelas.        
3 Saya berpartisipasi aktif dalam kegiatan kegiatan di kelas.        
Jumlah Skor  
Skor Maksimal 12
Nilai  

 

 

 

Lampiran 2

LEMBAR OBSERVASI

PENILAIAN SIKAP SOSIAL

 

No Nama Siswa Sikap tanggung jawab Sikap cinta damai
Indikator 1 Indikator 2 Jumlah Skor Skor Maksimal NA Indikator 3 Indikator 4 Indikator 5 Jumlah Skor Skor Maksimal NA
1.         10           15  
2.                        
3.                        
4.                        
5.                        
6.                        
7.                        
8.                        
9.                        
10.                        
11.                        
12.                        
13.                        
14.                        
15.                        
16.                        
17.                        
18.                        
19.                        
20.                        
dst.                        
Pedoman Penskoran

1      :  Tidak pernah menunjukkan sikap yang dinilai

2      :  Pernah menunjukkan sikap yang dinilai

3      :  Beberapa kali menunjukkan sikap yang dinilai

4      :  Sering menunjukkan sikap yang dinilai

5      :  Sangat sering menunjukkan sikap yang dinilai

Indikator sikap tanggung jawab:

1.        Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya

2.        Melaksanakan tugas individu dengan baik

Indikator sikap cinta damai

3.        Menyukai kebersamaan

4.        Bergaul tanpa membeda-bedakan kepentingan, agama, atau yang lainnya

5.        Tidak suka bertengkar

 

 

 

 

 

 

Lampiran 3:

 

  1. Make 5 (two) sentences using have/has and related to the present

 

Lampiran 4

  1. Make a simple conversation with your friends,
  • You must make a question and answers (have+v-3)

 

Lampiran 5

Soal Remidi,

  1. Make 5 setences using have/has based on the situation
    1. What you did this morning
    2. What you did yesterday

 

Lampiran 6

Soal Pengayaan

  1. Make a list what you have done last week

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s