Maket Untuk Mengajar Part of The House

image

Aku gunakan kegiatan ini ketika mengajar anak kelas 7 dengan tema part of the house (livingroom, bedroom, kitchen, bathroom, diningroom etc).

Anak anak aku kasih instruksi untuk memilih salah satu dari part of the house kemudian dibuat dirumah selama satu minggu kemudian dipresentasikan di depan kelas.

Setiap part of the house didalamnya memiliki berbagai macam benda yang bisa digunakan untuk menambahkan vocabulary meskipun dalam level beginner. Untuk mencapai lebih advance bisa digunakan untuk membuat kalimat seperti ini,  there is a table in the kitchen, there are seven plates in the kitchen .

Kesulitan dari kegiatan ini adalah ketepatan waktu pengerjaan dalam masing masing kelompok. Masalah bisa ditimbulkan karena rumah anggota kelompok saling berjauhan, meskipun ini bisa diatasi dengan mengerjakan di sekolah ketika pelajaran telah usai, tapi ini tidak akan banyak membantu.

Untuk ukuran lebih baik dibuat seragam agar penataannya bisa lebih rapi, aku gunakan ukuran 20 x 20 cm yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil dalam pengerjaannya.

image

Bahan yang digunakan bisa dari kardus, karton bekas, atau kalau memiliki keterampilan bisa menggunakan papan. Yang terpenting adalah semua bahan tidak boleh membeli kecuali lem dan pewarna.

image

Kegiatan ini sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Peserta didik juga sangat antusias serta kerja kelompok akan sangat kelihatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s