Menggunakan Google Translate

Sedikit cerita hari ni,

DSC_0162[1]

Aku mengajar bahasa Inggris untuk kelas pemula. Kelas awal yang baru mengerti beberapa kata sederhana misalkan nama tempat, nama masing-masing keluarga dan buah-buahan.

Sebenarnya cukup mengasyikkan untuk mengajar dengan materi di atas, yang menjadi masalah adalah ketika murid – murid akan menghadapi ujian semester. Mereka akan dihadapkan dengan soal dengan teks yang rumit dan panjang (mungkin hasil dari copy paste internet tanpa memperhatikan grade readingnya). Padahal dengan keseharian kata kata sederhana dan kalimat dengan grammtical level beginner mereka jelas akan kesulitan. Ada beberapa leap yang sulit aku lalui dengan tenang.

Ok, cukup. Hari ini ini adalah pertemuan terakhir sebelum mereka menghadapi ujian tengah semester. Mereka aku suruh untuk mengerjakan beberapa soal latihan yang terdapat dalam worksheet. Agar mereka lebih semangat lagi maka mereka aku ajak ke lab komputer yang tersambung internet. Aku ajarkan mereka tentang cara menerjemahkan bahasa inggris dengan mudah dan cepat menggunakan google translate.

Hasilnya? Pertama literacy mereka tentang komputer dan internet meningkat dengan pesat. Interaksi dengan siswa lain juga makin bagus. Kelas sedemikian nyamannya sehingga Kitaro pun terdengar dengan lantang. Pekerjaan mereka juga cepat selesai 90% benar.

Memang model ini tidak menghargai proses belajar, hanya menunjukkan fokus hasil belajar yang bagus. Tapi ini juga salah satu solusi agar mereka lebih rajin untuk menerjemahkan teks English yang panjang dan melelahkan itu. Karena tidak semua kata asing tersebut ada didalam kamus mereka.

Untunglah hasil dari google translate tidaklah begitu bagus dan tidak bisa ditelan mentah-mentah sebagai bahasa baku yang baik dan benar. Hasilnya masih perlu diperbaiki oleh guru dan dapat ditelaah lebih lanjut sebagai bahan diskusi di kelas. Kekurangan lainnya adalah Google belum mengenali bentuk Tenses.

Tapi secara umum google cukup bisa diandalkan sebagai kamus cadangan ketika mereka malas untuk membuka kamus yang tebal dan berat itu. Dan fitur yang aku sukai adalah voice recognizion nya yang bagus, jadi kita hanya ngomong di depan komputer atau smartphone yang sudah  terkoneksi internet maka dengan cepat google bisa menerjemahkan dengan sempurna tanpa perlu kita ketik. Bahkan ketika kita sedang bingung tentang pronounciation (UK, British) dengan speaker yang terpasang di komputer maka dia bisa ngomong sendiri. ha ha

Anyways. setiap teknologi mempunyai dua sisi. Sisi positif dan sisi negatif. Aku selalu memfokuskan diri pada setiap sisi positif itu agar mencapai hasil yang maksimal dan berguna bagi kehidupan kita yang makin cepat ini.

One thought on “Menggunakan Google Translate

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s