Tips Peer Teaching

image

Yang sudah melaksanakan PLPG pasti telah familiar dengan istilah ini. Yaitu kegiatan mengajar kepada teman sejawat. Kegiatan ini merupakan agenda paling penting dalam penilaian kinerja guru dalam PLPG. Tapi juga kegiatan yang paling dibenci oleh peserta.

Meskipun kegiatan mengajar merupakan kegiatan rutinitas guru dalam keseharian, tapi dalam kenyataannya ketika praktek peer teaching masih banyak yang tidak bisa maksimal dalam pengelolaan kelas dan metode mengajarnya. Entah karena grogi atau entah karena tidak ada persiapan yang cukup.

Setelah menyaring segala informasi yang datang dari teman-teman yang sudah mengikuti PLPG dan pengalaman saya sendiri, maka dapat saya tarik beberapa tips menarik agar terlihat cemerlang ketika menghadapi peer teaching.

  1. usahakan menjadi no.1 dalam urutan peer teaching. Kenapa harus nomor satu? Penyajian pertama kali biasanya menjadi tolak ukur dari peserta yang lain. Dan menjadikan attensi yang luar biasa dari semua peserta. Setelah selesai maka kita akan memiliki waktu yang sangat santai. hanya tinggal menunggu peserta lain
  2. ketika hampir semua peserta menggunakan multimedia dalam penyajian bahan ajar (gambar, video, dll) cobalah untuk melakukan hal yang berbeda. Misalnya membuat bahan ajar dari kardus, bisa dipastikan menjadi nilai tambah tersendiri bagi penguji. Dan yang paling penting model seperti ini tidak bisa di copy oleh peserta yang lain. Tapi yang menjadi kelemahan adalah membutuhkan waktu yang lebih lama dalam persiapannya.
  3. datanglah paling awal. datang lebih awal akan bisa menyiapkan mental kita lebih baik daripada datang terlambat dan tergesa-gesa ketika mempersiapkan semuanya.
  4. buatlah rencana dan materi cadangan jika materi yang kita sajikan dalam bentuk powerpoint, untuk mengatasi sewaktu-waktu listrik padam.
  5. usahakan gaya penyampaian yang bersemangat dan dengan suara yang lantang.
  6. jika memungkinkan belilah pointer khusus yang bisa kita gunakan untuk menunjuk dan memainkan powerpoint tanpa perlu kita menyentuh laptop. harganya murah kok.
  7. dan yang penting adalah mencari banyak referensi dari internet untuk kita kombinasikan dan pilah-pilah sesuai kebutuhan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s