Tips Semaphore

image

Kurikulum 2013 semua peserta didik wajib mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Beberapa tahun yang lalu kegiatan pramuka sempat mati suri, hanya beberapa sekolah yang tertarik mengadakan kegiatan ini. Anak-anak juga memiliki ketertarikan yang kurang terhadap kegiatan ini. Selain melelahkan dan bikin hitam, kegiatan ini masih juga membutuhkan mental baja.

Skill yang harus dimiliki anggota pramuka salah satunya adalah kemampuan untuk menguasai semaphore. Apa itu semaphore? Semaphore adalah seni sandi menggunakan bendera dikedua tangan. Sandi ini bisa dilakukan dalam jarak jauh. Semaphore memiliki standar internasional, sehingga jika kita menguasai semaphore maka bisa digunakan diseluruh dunia.

Semaphore dimulai dari huruf A sampai Z  juga beberapa tanda baca yang paling sering digunakan serta tidak lupa sandi angka.

Setelah melatih beberapa puluh anak bahwa menghafal satu demi satu merupakan kesulitan tersendiri. dan aku menemukan bahwa untuk menghafal kode-kode itu dengan cepat adalah dengan terlebih dulu menghafal huruf vokal; A, I, U, E, O. Setelah itu huruf-huruf yang paling sering dipakai; K, L, M, N, S, R, T, D, P, G dan huruf yang jarang dipakai; F, X, Z, B, V, J

Setelah menghafal vokal dan beberap konsonan, maka kami mencoba membuat sebuah permainan kata. Misalnya; MARAH, AKU, KAMU, SEMANGKA dll. Anak akan lebih termotivasi dengan cara seperti ini daripada harus teriak-teriak berurutan.

Dengan metode seperti itu, maka kemajuan anak meningkat dengan cepat daripada kita harus menghafalkan secara urut dari A sampai Z. Memang ada beberapa keuntungan dan kerugian dari metode seperti ini.

Keuntungannya:

  1. Anak memiliki motivasi yang tinggi
  2. Cepat hafal ketika diaplikasi kedalam kata dan kalimat

Kerugian;

  1. tidak sistematis
  2. Anak tidak mengetahu esensi dari semaphore (hal yang berkaitan dengan teknis)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s